Sabtu, 17 Maret 2012

Mari Manfaatkan Benalu

Jangan mau jadi benalu. Begitulah  peringatan orang tua, yang berlaku sampai sekarang. Benalu, yang menumpang hidup pada sesuatu di luar dirinya, memang tindakan  merugikan. Tapi, untuk tumbuhan, benalu justru menguntungkan  manusia, dapat sebagai obat alternatif kanker, amandel, dan campak.
Benalu (loranthus) merupakan jenis tumbuhan yang hidupnya tidak memerlukan media tanah. Ia hidup sebagai parasit, menempel pada  dahan-dahan pohon kayu lain dan mengisap mineral yang larut dalam pohon kayu yang ditempelinya dapat mati. Bunga benalu berkelamin  tunggal biji buahnya mengandung getah.Pengembangbiakannya melalui  binatang atau burung yang memakan biji buah benalu tersebut. Proses  pengembangbiakannya sangat sederhana: biji benalu yang bergetah itu  dimakan binatang atau burung. Kemudian biji benalu tersebut melekat  di dahan dahan kayu bersama dengan kotoran burung yang memakannya, dan tumbuh di dahan itu
Manfaat:
(1)Tumor dan Kanker. Bahan: 1-2 batang  benalu yang menempel pada 1 pohon teh, 1 batang rumput alang-alang,  adas palawaras secukupnya. Cara Membuat: semua bahan direbus dengan  3 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakan:  diminum 1 kali sehari ½ gelas
(2) Amandel. Bahan: 1 batang benalu yang menempel pada 1 pohon jeruk nipis, adas palawaras secukupnya. Cara Membuat: kedua  bahan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring.  Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari ½ gelas.
(3) Campak. Bahan: 1-2 batang benalu adas pulasari  secukupnya. Cara Membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk bersama  sampai halus. Cara menggunakan: digunakan sebagai bedak bagi yang kena campak.
 Sumber : www.suaramerdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar