Sabtu, 17 Maret 2012

40 Persen Kasus Kanker karena Gaya Hidup


HAMPIR setengah dari orang yang didiagnosa menderita kanker di Inggris disebabkan oleh pilihan hidup yang dapat dihindari. Gaya hidup itu antara lain, merokok, minum minuman keras dan kurangnya asupan sayur dan buah.
Adalah tembakau dalam rokok, penyebab terbesar kanker. Rokok menyebabkan setidaknya 23% kasus kanker pada pria dan 15,6% pada wanita. Demikian hasil penelitian oleh Cancer Research Inggris seperti dipublikasikan dalam British Journal of Cancer.
Penyebab selanjutnya adalah kurangnya asupan buah segar dan sayuran dalam diet pria, sedangkan untuk perempuan terkait kelebihan berat badan.
Prof Max Parkin, salah satu peneliti mengatakan, "Banyak dari kita yang percaya bahwa kanker berkaitan dengan nasib dan berhubungan dengan gen. Namun melihat semua bukti, jelas bahwa 40% dari kasus kanker disebabkan oleh hal-hal yang masih dapat dihindari."
Sekitar 100.000 orang atau 34% dari penderita kanker yang dia teliti terkait dengan kebiasaan merokok, kebiasaan minum alkohol dan kelebihan berat badan.
Banyak kasus kanker payudara, tambahnya, berasal dari kelebihan berat badan atau obesitas. Sementara setengah dari penderita kanker esofagus atau tenggorokan disebabkan karena makan terlalu sedikit buah dan sayuran.
Sedang untuk kanker lambung, seperlima kasus berasal dari pola makan dengan terlalu banyak garam. Disimpulkannya, hampir semua kasus kanker mulut dan tenggorokan disebabkan oleh pilihan gaya hidup.
Dia pun menyarankan, berhenti merokok dan makan lebih banyak buah dan sayur, serta menghentikan minum alkohol baik untuk pria yang ingin terhindar dari kanker. Sementara bagi wanita, berhenti merokok dan menjaga berat badan adalah yang terbaik.

www.suaramerdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar