Sabtu, 17 Maret 2012

Daun salam untuk darah tinggi

Siapa sangka, daun salam yang biasanya  hanya untuk penyedap masakan, ternyata mengandung khasiat untuk  menyembuhkan berbagai penyakit. Daun yang mendangung minya asiri itu dapat meluruhkan kolestrol dan beberapa penyakit lainnya, seperti  kencing manis, maag, diare dan tekanan darah tinggi. Hebat kan?
Salam atau Syzygium Polyantahum  selain berkhasiat sebagai  peluruh kolestrol, memang diindikasikan bisa pula menyembuhkan, kencing manis, tekanan darah tinggi, sakit maag dan diare. Khasiat itu tak lepas dari kandungan kimianya. Dalam beberapa penelitian, ditemukan sejumlah zat antara lain minyak asiri, tanin, flavonoid,  sitral, dan euganol.
Dra Asmanizar Apt dari Jurusan Farmasi FMIPA UI Jakarta, mengatakan daun satu ini mengandung 0,05 persen minyak asiri, sejenis minyak yang berfungsi sebagai antibakteri. Sementara tanin  berfungsi sebagai astrigent yang bisa meniciutkan luka dan sejenisnya.
Salam bisa tumbuh dan hidup di dataran rendah hingga yang  berketinggian 1400 m di atas permukaan laut (dpl). Bukan hanya orang  Indonesia, bangsa Inggris juga mengenal tanaman ini dan menyebutnya salam leaf. Dalam beberapa literatur salam ditemukan dan  diteliti pertama kali oleh Pangeran Eugene dari Savoy. Karena itu  ada juga yang menyebut  Eugenia Polyantha.
Hingga kini sudah berulangkali penelitian selesai dilakukan untuk  mengetahui kandungan kimia dan khasiatnya. Sejumlah buku tentang  tanaman obat, sudah lama pula memuat uraian tentang khasiat salam. Misal  An Illustrated Gudie To Antineoplastic Chinese Herbal  Medicine  terbitan Hongkong dan Herbs to Grow and Use, Better  Homes, and Gardens  terbitan Murdoch, Sidney Australia.
Adapun cara menggunakan salam untuk mengatasi darah tinggi adalah dengan mengambil 7-10 lembar daun salam, cuci kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Kemudian setelah dingin  disaring, lalu minum. Lakukan sehari dua kali, dan tiap minum sebanyak 0,5 gelas.
Sumber : www.suaramerdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar