Sabtu, 17 Maret 2012

Ciplukan Untuk Diabetes

Ayan dan borok, barangkali dua  penyakit yang sangat sulit disembuhkan. Penyakit ini levelnya sebanding dengan diabetes atau penyakit paru-paru basah. Tapi, bagi  Anda pengidap, jangan putus asa. Tuntaskan saja dengan daun  ciplukan, yang dijamin pasti akan menuntaskan semua keluhan Tadi.
Tumbuhan Ciplukan (Physalis minina) merupakan tumbuhan liar,  berupa semak/perdu yang rendah (biasanya tingginya sampai 1 meter)  dan mempunyai umur kurang lebih 1 tahun. Tumbuhan ini tumbuh dengan  subur di dataran rendah sampai ketinggian 1550 meter diatas  permukaan laut, tersebar di tanah tegalan, sawah-sawah kering, serta  dapat ditemukan di hutan-hutan jati. Bunganya berwarna kuning, buahnya berbentuk bulat dan berwarna hijau kekuningan bila masih  muda, tetapi bila sudah tua berwarna coklat dengan rasa asam-asam manis. Buah Ciplukan yang muda dilindungi cangkap (kerudung penutup buah).
Nama lokal: Morel berry (Inggris), Ciplukan (Indonesia), Ceplukan  (Jawa); Cecendet (Sunda), Yor-yoran (Madura), lapinonat (Seram);  Angket, Kepok-kepokan, Keceplokan (Bali), Dedes (Sasak); Leletokan (Minahasa)
Komposisi: Buah Ciplukan mengandung senyawa kimia asam sitrun dan fisalin. Selain itu buah Ciplukan juga mengandung Asam Malat, Alkaloid, Tanin, Kriptoxantin, Vitamin C dan Gula.
Cara pemakaian: (1) Diabetes Mellitus. Bahan: tumbuhan  ciplukan yang sudah berbuah dicabut beserta akar-akarnya dan  dibersihkan. Cara membuat: dilayukan dan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tingga 1 gelas, kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.
(2) Sakit paru-paru. Bahan: tumbuhan ciplukan lengkap (akar, batang, daun, bunga dan buahnya). Cara membuat: direbus  dengan 3-5 gelas air sampai mendidih dan disaring. Cara menggunakan:  diminum 3 kali sehari 1 gelas.
(3) Ayan. Bahan: 8-10 butir buah ciplukan yang sudah  dimasak. Cara menggunakan: dimakan setiap hari secara rutin.
(4) Borok. Bahan: 1 genggam daun ciplukan ditambah 2  sendok air kapur sirih. Cara membuat: ditumbuk sampai halus. Cara  menggunakan: ditempelkan pada bagian yang sakit. 
Sumber : www.suaramerdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar