Sabtu, 17 Maret 2012

Keistimewaan Daging Kambing


KEMARIN, kebanyakan masyarakat Indonesia, khususnya yang beragama Islam bersukacita merayakan Hari Raya Idul Adha 1432 Hijriyah. Hari raya Idul Adha identik dengan tradisinya yaitu kurban. Hewan yang dijadikan kurban di Indonesia kebanyakan adalah kambing, sapi dan kerbau. Tentu saja tak dapat dipungkiri usai Idul Adha daging kambing banyak beredar dikalangan masyarakat, dan menjadi konsumsi kegemaran oleh kebanyakan masyarakat.
Daging kambing ternyata merupakan makanan yang dipercaya mempunyai khasiat yang lebih tiggi dan istimewa dibanding daging sapi atau domba. Mengapa demikian?
Kandungan Lemak Rendah
Daging kambing sejak dahulu selalu saja dikaitkan dengan lemak yang tinggi, sehingga menyebabkan kolesterol dan hipertensi. Namun anggapan tersebut lebih baik segeralah ditepis, karena ternyata tidak ada bukti bahwa daging kambing mempunyai kandungan lemak terutama lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingakan dengan jenis daging merah lainnya.
Sebaliknya penelitian membuktikan bahwa daging (karkas) kambing mempunyai kandungan lemak total yang lebih rendah dibandingkan dengan karkas domba atau sapi jika dibandingakan pada kondisi yang sama.
Kandungan lemah jenuh daging kambing yang lebih rendah dari pada yang lain sebenarnya dapat dilihat dari kondisi daging setelah daging kambing dimasak, akan terlihat lebih banyak cairan lemak yang keluar menetes.
Hasil analisa menunjukkan bahwa daging kambing memiliki lemak 50% lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi dan 45% lebih rendah dibandingkan dengan daging domba.
Namun demikian sate kambing dan gulai kambing justru kadang menjadi timbunan lemak. Dalam satu tusuk sate biasanya diselipi potongan lemak untuk menambah cita rasa. Demikian juga pada gulai kambing, terselip bahan gulai yang penuh lemak seperti daging tetelan, tulang bersumsum dan ditambah santan.
Dalam 100 gram daging kambing, terdapat 154 kalori, 9,2 mg lemak, 3,6 mg lemak jenuh. Sedangkan, pada 100 gram daging sapi terdapat 207 kalori, 14 mg lemak, dan 51 mg lemak jenuh. Selain itu, daging kambing juga salah satu sumber zat besi, vitamin B, kolin, dan selenium terbaik. Vitamin B akan membantu tubuh membakar lemak, sedangkan kolin dan selenium mampu menangkal kanker.
dikutip dari berbagai sumber*
www.suaramerdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar